Selalu saja ada kisah konyol saat saya serius dengan kesibukan praktik profesi di RS.
Saat pertama kali menegur keluarga pasien... petugas masih menggunakan kata-kata yang sopan dan ramah, tapi mungkin karena jengkel melihat keluarga pasien mondar-mandir di ruangan padahal bukan waktu jam besuk.. akhirnya saat ada bapak-bapak yang akan melintas tanpa basa-basi petugas langsung menegur dengan agak tegas tanpa bertanya terlebih dahulu...
"Pak..! Lantainya masih di pel ya.. tunggu di luar saja.."
dengan agak bingung si Bapak menjawab
"Lha... saya khan pasien pak..."
Spontan mahasiswa yang tahu kejadian itu langsung menahan tawa hebat..
Ehh... lha koq petugas yang tadi kelihatan burem juga ikut ketawa merasakan kelakuannya yang konyol...
(Petugas lupa dengan pasiennya sendiri...)
:D
Keluarga pasien memang sering sekali terlihat melanggar aturan. Sudah tertulis jelas dan besar bahwa jam kunjung adalah pukul 16.00-18.00 tetapi tetap saja masih banyak yang berkunjung di pagi hari saat ruangan sibuk dengan tindakan kebersihan dan perawatan, sehingga pengunjung yang berjubel sangat mengganggu pelayanan.
Sering kali perawat atau petugas yang lain menegur keluarga yang masuk ruangan di luar jam kunjung. Banyak sekali responnya ada yang taat dan langsung keluar, ada yang berdebat dulu sebelum keluar, ada pula yang cuek tidak menghiraukan sama sekali teguran dari petugas. Dalam satu kali shift bisa puluhan kali petugas melakukan teguran, sebenarnya petugas tidak ingin melakukan teguran... tapi ya... bagaimana lagi namanya juga mengganggu pelayanan
Sangking seringnya menegur dan beban kerja yang cukup berat kadang menyebabkan petugas menjadi jengkel dan akhirnya meningkatkan volume suara teguran, hal inilah yang mungkin berdampak tidak baik bagi pandangan keluarga pasien terhadap petugas.
No comments:
Post a Comment
Pembaca Baik Selalu Meninggalkan Komentar