Robot Perawat

          Dunia akan terus berkembang, manusia akan selalu mencari terobosan baru untuk memuaskan rasa keingintahuannya. Hal yang tidak mungkin dilakukan 19 tahun yang lalu sekarang bisa menjadi kenyataan. Untuk menempuh jarak beribu kilometer jauhnya mungkin akan memerlukan waktu berbulan-bulan namun dengan adanya mesihn-mesin ciptaan manusia di zaman yang modern ini perjalanan itu dapat ditempuh dengan hitungan menit. Bahkan manusia sudah menginjak bulan berkali-kali.

          Mesin akan terus dikembangkan... apapun di zaman ini semua akan dikerjakan oleh mesin, dan jika dulu pesaing manusia adalah manusia namun sekarang pesaing manusia adalah mesin, Bayangkan sekarang manusia telah dikalahkan dengan ciptaannya sendiri komputer contohnya.. mesin ini dapat melakukan hitungan jauh lebih cepat dan lebih akurat daripada hitungan yang dilakukan manusia... so.. kantor kecil mana sekarang yang tidak memiliki komputer...? tidak ada yang percaya dengan hitungan manusia jika tidak di validasi (dicocokkan) dengan kalkulator.

          Dan sekarang manusia sudah menciptakan yang lebih lagi dari itu.. apa itu...? Yups.. ROBOT. Robot telah dikembangkan sejak berpuluh tahun lalu mulai dari robot untuk industri, militer, bahkan sampai dunia medis. Dan yang lebih gila lagi bentuk robot makin menyerupai manusia dari segi kualitas.
          Inilah "Cody" robot perawat yang dikembangkan oleh  laboratorium Georgia Tech's Healthcare Robotics. Meskipun bentuknya belum menyerupai seperti manusia namun Cody sudah dapat mengerjakan hal-hal sederhana seperti membersihkan lengan dan kaki pasien.. tidak hanya itu Robot Perawat Cody juga di desain untuk dapat memandikan pasien.. mengelus dengan lembut dan bekerja sangat hati-hati, untuk memberikan keamanan Cody diberi tombol on/off agar pasien dapat mematikan jika terjadi hal yang tidak di inginkan. So.. pasien tidak perlu malu untuk dimandikan sebuah robot... ^_^
            Tidak hanya Cody... jepang juga telah mendesain robot perawat yang lebih menyerupai manusia dia disebut "The Actroid-F" yang diciptakan untuk membantu pelayanan di rumah sakit. Robot ini dalapisi kulit sintetis silikon sehingga diharapkan dapat memberikan sentuhan lembut pada pasien, selain itu robot ini dapat berbicara, tersenyum dan berkedip layaknya manusia. Robot ini dikembangkan oleh perusahaan robot Kokoro sehingga "The Actroid-F" juga biasa dikenal dengan Suster Kokoro.










          Tidak kalah dengan lainnya perusahaan yang kita kenal sebagai perushaan yang berkonsentrasi pada bidang transportasi juga meluncurkan robot yang membantu manusia dalam perawatan. Dia adalah TOYOTA motor yang mengembangkan 4 buah robot sekaligus dengan kemampuan yang berbeda-beda. Robot-robot itu adalah Independent Walk Assis, Walk Training Assist, Patient Transfer Assist dan Balance Training Assist .
          Dunia semakin berkembang bahkan nantinya semua pekerjaan manusia akan dilakukan oleh robot, sehingga manusia tidak dibutuhkan lagi. Sekarang pertanyaannya adalah... siapkah manusia bersaing untuk memengankan percaturan dunia dengan robot-robot buatannya sendiri..?
 

Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Pembaca Baik Selalu Meninggalkan Komentar