Hermes Dewa Pembawa Pesan Sebagai Simbol Kedokteran

        Hermes adalah dewa pembawa pesan dalam mitologi Yunani. Hermes dilahirkan di Gunung di Arkadia. Hermes adalah anak dari Zeus dan Maia dan merupakan salah satu dewa Olimpus. Berbeda dengan Asclepius yang disebut sebagai dewa pengobatan atau penyembuhan Hermes adalah pelindung daerah perbatasan, para pengelana, gembala, pencuri, penipu, pidato, sastra dan puisi, olahraga, pengukuran, penemuan, dan perdagangan. Tongkat Hermes yang bernama kadukeus juga digunakan sebagai simbol atau lambang kesehatan layaknya tongkat Asclepius padahal Hermes sendiri tidak memiliki latar belakang sebagai pemberi pengobatan atau penyembuh. Bagaimana tongkat hermes dapat menjadi simbol kedokteran?
          Simbolnya meliputi kura-kura, ayam jantan, sandal bersayap, topi bersayap, dan Kadukeus (tongkat yang dia dapat dari Apollo atas penemuan Lira). Dalam mitologi Romawi, Hermes dikenali sebagai Merkurius, dewa perdagangan yang diadaptasi dari mitologi Etruska.
          Selain menemukan lira, Hermes juga dipercaya menemukan berbagai jenis olahraga seperi gulat, balap dan tinju sehingga dianggap debagai dewa atletik. Hermes melidungi para olahragawan dan membantu atlet yang terluka. Para pelancong juga memberikan persembahan pada Hermes sebelum bepergian supaya perjalanan mereka aman.
         Sebagai dewa pembawa pesan, Hermes bertugas mengantarkan pesan dari para dewa di Olimpus kepada manusia. Dia mengenakan sandal bersayap dalam menjalankan tugasnya. Tugas membawa pesan juga dilakukan oleh dewi Iris.
          Hermes juga bertugas membantu para roh menemukan jalan menuju dunia bawah. Hermes adalah salah satu dewa yang bisa dengan bebas keluar-masuk dunia bawah tanpa halangan, dewa lainnya yang bisa melakukan hal tersebut adalah Hades, Persefone, Hekate, dan Thanatos.
          Hermes adalah dewa termuda kedua di antara dewa Olimpus setelah Dionisos. Pada malam setelah dia lahir, dia mencuri ternak milik Apollo. Hermes berhubungan dengan Afrodit dan memiliki anak bernama Hermafroditos.

        

Baca Juga



2 comments:

Pembaca Baik Selalu Meninggalkan Komentar