Phantom Limb Pain


Tadi pagi sempat bertemu dengan klien yang memiliki kebutuhan untuk mengurangi nyeri.
Sempat kaget... saat bertanya bagian mana yang nyeri, klien menimpali bahwa terasa nyeri sangat pada jari kaki sebelah kanan (padahal kaki kanan beliau sudah diamputasi).
Rasa kaget saya beruban menjadi empati ketika saya ingat bahwa ini adalah gejala yang disebut dengan Phantom Limb Pain yang sering saya dengar waktu perkuliahan dan baru kali ini saya mengetahui keadaan nyatanya.
Keadaan ini terjadi karena otak masih belum beradaptasi dengan tubuh yang baru, otak masih menganggap bahwa anggota tubuhnya masih lengkap. Ajarkan kepada klien untuk sering-sering memegang bagian yang diamputasi dan berkata dalam hati bahwa bagian yang dipegang sudah hilang, hal ini dimaksudkan untuk segera mengorientasikan otak agar beradaptasi dengan keadaan yang baru.

Apa yang saya lakukan dengan klien ini...?
Saya mencoba menerapkan prinsip hipnoterapi untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada klien, tentu saja dengan persetujuan klien...
Meskipun masih dalam tahap belajar, namun Alhamdulillah klien puas dengan terapi...
Sukses selalu Profesi Keperawatan....!!!
\^0^/


Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Pembaca Baik Selalu Meninggalkan Komentar