Makna Logo Keperawatan

Apa logo yang dipakai sebagai simbol perawat...?
dan apa arti dari logo tersebut...?


          Kita mungkin memiliki pertanyaan seperti di atas, dan ingin menemukan jawabannya, coba sekarang anda mengetikkan di "Mbah Google" kata-kata yang terkait misalnya "Logo perawat", "Nursing Logo", "Lambang Keperawatan" maka sebagian besar yang anda temukan adalah lambang-lambang dari Asclepius, Kadesius atau Hermes (Lambang yang digunakan untuk kedokteran) namun untuk lambang yang digunakan untuk keperawatan sendiri masih belum secara mudah ditemukan di Search Engine terbesar seperti Google.
          Baiklah.... mari kita mencari lambang resmi dari keperawatan.. kita mulai dengan menganalisa lambang PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) yang lebih mudah di temukan di Search Engine... Ini dia Logo beserta diskripsinya...




Bentuk
Lingkaran yang berisi sebuah segilima dan sebuah lampu yang berlidah api lima cabang dengan tulisan di bingkai pinggir berbunyi PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA – PPNI

Warna
  1. Lingkaran (bidang pinggir) berwarna merah
  2. Dasar kuning mas dalam lingkaran
  3. Dasar segi lima berwarna hijau tua
  4. Sisi-sisi segi lima berwarna putih
  5. Badan lampu berwarna putih
  6. Lidah api berwarna merah
  7. Huruf-huruf berwarna putih

Makna Lambang Secara Terperinci
  1. Lingkaran dengan warna merah, menunjukkan semangat persatuan.
  2. Dasar kuning emas dalam lingkaran, keluhuran dan cinta kasih.
  3. Segi lima, berkiprah Pancasila
  4. Warna hijau tua dalam segi lima, kesejahteraan.
  5. Lampu warna putih, identitas perawatan. <---------
  6. Lidah api lima cabang berwarna merah mengartikan semangat pengabdian yang dilandasi/dijiwai Pancasila.
  7. Warna putih, melambangkan kesucian.

Makna Lambang Secara Keseluruhan
Warna perawat Indonesia yang hidup di negeri Republik Indonesia yang berkeTuhanan Yang Maha Esa, berperi Kemanusiaan yang adil dan beradab, ber Persatuan Indonesia, ber Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dan ber Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, mengabdikan dirinya dalam bidang perawatan/kesehatan dengan itikad dan kesadaran pengabdian yang suci murni disertai dengan keluhuran jiwa dan cinta kasih, senantiasa menunaikan darma baktinya terhadap negara dan bangsa Indonesia khususnya dan terhadap semua umat manusia pada umumnya.

Sumber : PPNI
---------------------------------------------------------------------------------------------
         Penulis ingin membahas lebih dalam adalah mengenai identitas perawat yang dicantumkan dalam lampang PPNI. Ternyata lambang/simbol keperawatan yang diakui oleh PPNI adalah gambar berupa lentera. Inilah yang dianggap sebagai simbol keperawatan secara umum.

           Sekarang, apa makna dari lentera tersebut bagi keperawatan?, mengapa lentera dijadikan lambang/simbol dari keperawatan?, apa hubungannya dengan keperawatan?
          Silahkan pembaca cari hubungan dari lentera tersebut dengan keperawatan dari sumber manapun, penulis juga mencari-cari hubungan antara penggunaan simbol lentera dengan keperawatan bila pembaca mendapatkan jawaban yang meyakinkan silahkan mengomentari tulisan ini. Namun bila pembaca belum mendapatkannya dan benar-benar ingin tahu jawabannya penulis akan mengungkap sejarah dari lentera ini di sini: Makna Lentera Dalam Keperawatan
           Tapi diusahakan pembaca mencari-cari dulu siapa tau mendapat sumber yang lebih tepat dan terpercaya ^_^




Baca Juga



2 comments:

  1. bukannya lentera ini yg dibawa oleh Florence Nightingle saat ia menjaga pasien di malam hari.. lentera aslinya bernama 'Turkish Lentern' tapi patung yg mendedikasikannya berbentuk lampu seperti di atas.. itu setau sy.. ^_^ salam perawat indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah...
      Terima kasih banyak...
      Ternyata ada nyamanya juga toh lampunya
      "Turkish Lentern"..
      iya,, ini lampu yang dibawa Florence saat menjaga pasien..
      :D
      Sukses selalu Perawat Indonesia...

      Delete

Pembaca Baik Selalu Meninggalkan Komentar